Lowongan Kerja KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)

Dibutuhkan lebih dari sekedar TEKAD untuk memberantas korupsi di Indonesia...

Bagi mahasiswa S1/D3, Komisi Pemberantasan Korupsi membuka kesempatan kepada WNI yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk mengisi posisi-posisi struktural, fungsional dan administrasi. Batas akhir pendaftaran 17 Februari 2009.

Indonesia memanggil Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk bergabung dengan Komisi Pemberantasan Korupsi dan mengisi posisi-posisi jabatan berikut :

Struktural
  1. Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Minimal S1 segala jurusan)
  2. Direktur Pengaduan Masyarakat (S1 Hukum/Akuntansi)
  3. Kepala Biro Umum (Minimal S1 segala jurusan)
  4. Kepala Bagian Pengadaan (Minimal S1 Ekonomi/ IT/ Hukum)
  5. Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan SDM (S1, diutamakan Psikologi/Hukum/Manajemen/Teknik Industri)

Fungsional/Spesialis
  1. Bendahara (S1 Ekonomi/Akuntansi)
  2. Spesialis Pencegahan (S1 segala jurusan)
  3. Pemeriksa LHKPN (Minimal S1 Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, atau Perbankan)
  4. Spesialis Pengelolaan LHKPN (S1, semua jurusan)
  5. Pemeriksa Gratifikasi (Minimal S1 Akuntansi)
  6. Spesialis Kampanye Sosial (S1 Segala jurusan, diutamakan Komunikasi/ Sosial/ Marketing)
  7. Spesialis Penelitian dan Pengembangan (S1 Hukum, Administrasi, Sosiologi, Ekonomi (Manajemen, Akuntansi, Studi Pembangunan), Teknik Industri, Statistik, Psikologi)
  8. Koordinator Computer Forensic (Min S1 Segala Jurusan diutamakan Informatika/ Hukum/ Telekomunikasi/ Elektro)
  9. Analis Informasi (Min S1 Segala Jurusan)
  10. Spesialis Jejaring Informasi (Minimal S1 Ekonomi / Akuntansi / Hukum / Teknik)
  11. Spesialis Pengelola Informasi (Minimal S1 Semua Jurusan)
  12. Spesialis Pengumpulan Data Informasi (Minimal S1 Ekonomi / Akuntansi / Hukum / Teknik)
  13. Spesialis Pengumpulan Informasi (S1 Segala Jurusan)
  14. Pengawas Internal (Min S1 TI/ Manajemen Informatika/ Hukum/ Akuntansi/ Ekonomi)
  15. Penelaah Pengaduan Masyarakat (S1 semua jurusan, diutamakan S1 Kehutanan/ Pertambangan/ Pertanian/ Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran)
  16. Spesialis Perencanaan & Anggaran (Minimal S1 Segala Jurusan)
  17. Spesialis K3 (S1 Teknik, diutamakan Teknik Sipil)
  18. Spesialis Pelayanan Internal (Min S1 Manajemen/Perhotelan)
  19. Spesialis Pengadaan (Min S1 Ekonomi/ Hukum/ Teknik)
  20. Supervisor ISS (S1 Informatika/ Elektronika)
  21. Spesialis Perencanaan & Pengembangan SDM (S1, diutamakan Psikologi/Hukum/Manajemen/Teknik Industri)
  22. Spesialis Pendidikan dan Pelatihan (Minimal S1)
  23. Spesialis Pemberitaan, Pelayanan Informasi dan Publikasi (S1 Segala Jurusan)

Administrasi/Teknis
  1. Administrasi Kesekretariatan Pencegahan (D3 Hukum/ Ekonomi/ Adminstrasi Niaga/ Manajemen informatika/ ISIP)
  2. Arsiparis (D3 Administrasi Niaga/ Perpustakaan/ Kearsipan/ Perkantoran)
  3. Administrasi Pemeriksaan LHKPN (Minimal D3 Sekretaris/Kearsipan/Administrasi Niaga / Manajemen)
  4. Administrasi Pengolahan LHKPN (D3 jurusan Administrasi/ Manajemen/ Akuntasi/ Manajemen Informasi/ Sekretaris)
  5. Administrasi Kesekretariatan Dikyanmas (D3 Sekretaris / Administrasi Niaga / Manajemen Administrasi)
  6. Administrasi Penelitian dan Pengembangan (D3 Sekretaris /Administrasi Perkantoran)
  7. Administrasi Satgas Penyelidikan (D3 Ekonomi,/Administrasi Niaga/Manajemen Informatika atau S1 Hukum)
  8. Administrasi Satgas Penyidikan (D3 Ekonomi,/Administrasi Niaga/Manajemen Informatika atau Hukum)
  9. Administrasi Satgas Penuntutan (D3 Ekonomi,/Administrasi Niaga/Manajemen Informatika atau S1 Hukum3)
  10. Administrasi BMN inventaris aset PBJ (D3 Segala Jurusan)
  11. Administrasi Keuangan (D3 Segala Jurusan)
  12. IT Security Administrator (D3 Informatika/ Elektro)
  13. Programmer (D3 Informatika/ Elektro)
  14. Staf Transkriptor (D 3 Segala Jurusan)
  15. Staf IT Acquisition (D3 Informatika/ Elektro/ Komunikasi)
  16. Staf IT Implementation (D3 Informatika/ Elektro/ Komunikasi)
  17. Administrasi PJKAKI (Minimal D3)
  18. Staff Pengumpul Informasi (D3 Segala Jurusan)
  19. Administrasi Kesekretariatan PIPM (D3 Sekretaris / Administrasi Niaga / Manajemen Administrasi)
  20. Administrasi Pengaduan Masyarakat (D3 Administrasi/ Kearsipan/ Perkantoran)
  21. Teknisi Maintenance Electrical (D3 Listrik atau Mesin)
  22. Administrasi Pelayanan Kepegawaian (Minimal D3)
  23. Administrasi Pendidikan dan Pelatihan (Minimal D3 Manajemen/IT atau yang relevan)
  24. Administrasi Hukum (Minimal S1 Hukum)
  25. Sekretaris Sekjen (Minimal D3 Sekretaris)

A. PERSYARATAN UMUM
  1. Pendidikan Minimal S1 untuk Direktur/Kepala Biro/Kepala Bagian/Fungsional; Minimal D3 untuk kelompok pekerjaan Administrasi
  2. Mahir menggunakan komputer dan aplikasinya (terutama Open Office)
  3. Diutamakan lancar berbahasa Inggris lisan dan tulisan.
  4. Bersedia mengikuti seluruh proses seleksi di Jakarta, biaya dari dan ke tempat seleksi menjadi tanggungan peserta.
  5. Tidak memiliki hubungan keluarga langsung (suami/istri, orangtua/mertua, anak/menantu, kakak/adik) dengan pejabat/pegawai KPK
  6. Posisi ini terbuka untuk umum (pelamar dari instansi, pemerintah dan promosi internal mengikuti mekanisme, ketentuan dan prosedur yang telah ditentukan)
  7. Proses rekrutmen dan seleksi bagi Pegawai Negeri/PNS/CPNS/Anggota Polri dilakukan secara terpisah, melalui institusi masing-masing.
B. BATAS USIA
  1. Minimal 40 tahun (kelahiran sebelum 1 Juni 1969), maksimal 52 tahun (kelahiran sesudah 31 Mei 1957) untuk Direktur/Kepala Biro.
  2. Minimal 35 tahun (kelahiran sebelum 1 Juni 1974) dan maksimal 45 tahun (kelahiran sesudah 31 Mei 1974) untuk Kepala Bagian.
  3. Maksimal 40 tahun ( kelahiran sebelum 1 Juni 1969) untuk kelompok pekerjaan Fungsional/Spesialis (kecuali jka ada persyaratan khusus untuk posisi tertentu)
  4. Maksimal 35 tahun (kelahiran sesudah 31 Mei 1974) untuk kelompok pekerjaan Administrasi/Teknis (kecuali jika ada persyaratan khusus untuk posisi tertentu)

C. PERSYARATAN KHUSUS UNTUK SEMUA JABATAN :
  1. Memiliki integritas tinggi dan komitmen yang tinggi.
  2. Bersedia bekerja dalam situasi penuh tekanan dan tantangan.
  3. Enerjetik, penuh kegigihan, dan mampu bekerja mandiri maupun dalam tim.
  4. Mempunyai pengendalian diri yang baik, dan wawasan yang luas.
  5. Memiliki inisiatif, dorongan berprestasi serta dedikasi yang tinggi.
  6. Menyukai pekerjaan yang beragam dan detail terutama untuk kelompok pekerjaan Fungsional
  7. Tekun serta dalam bekerja memiliki ketelitian yang tinggi.
  8. Persyaratan kompetensi teknis dan pengalaman dapat dilihat dalam persyaratan di masing-masing posisi.

D. KETENTUAN LAIN :
  1. Lamaran hanya dapat dikirimkan melalui aplikasi on-line (klik link registrasi on-line di bagian bawah spesifikasi jabatan). Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
  2. Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi ini. Kami tidak melayani alamat e-mail yang salah input oleh pelamar. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail kantor atau orang lain untuk proses pendaftaran ini.
  3. Setelah mengisi formulir aplikasi dan mengirimkannya kembali secara on-line, pelamar akan mendapat konfirmasi registrasi. Konfirmasi tersebut berisi nomor registrasi yang akan digunakan selama proses seleksi. Anda tidak dapat menerima e-mail registrasi apabila alamat e-mail yang anda input salah dan atau sudah tidak aktif, sehingga anda tidak bisa log-in untuk pengumuman selanjutnya.
  4. Pelamar hanya diperkenankan melakukan satu kali registrasi on-line dan hanya untuk satu posisi saja .Untuk itu pastikan Anda telah memilih Posisi Jabatan yang sesuai, serta menuliskan semua data dengan benar, sebelum menekan tombol KIRIM.
  5. Pelamar wajib mengisi aplikasi dengan data/informasi yang sebenar-benarnya karena data ini akan diklarifikasi dengan benar saat pelaksanaan verifikasi dokumen/informasi.
  6. Masa waktu registrasi on-line adalah 7 Februari 2009 s/d 17 Februari 2009
  7. Aplikasi yang masuk setelah batas akhir registrasi dan atau tidak melamar secara on-line, dianggap tidak berlaku.
  8. Keputusan hasil seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  9. Pada setiap tahapan seleksi, hanya kandidat terbaik yang akan mengikuti tahap seleksi berikutnya.
  10. Kandidat yang dinyatakan lulus melalui pengumuman di website KPK dan website PPM yang akan dihubungi oleh Konsultan Independen untuk masuk ke tahap seleksi berikutnya.
  11. Pelamar tidak diperkenankan untuk menghubungi pejabat/pegawai KPK dalam kaitannya dengan proses rekrutmen dan seleksi ini dan/atau datang ke KPK. Pelamar hanya diperkenankan datang ke KPK pada saat wawancara akhir oleh pihak KPK. Pelamar yang menghubungi/mendatangi KPK selain pada waktu tes dinyatakan gugur.
  12. Proses rekrutmen dan seleksi ini tidak dikenakan biaya apapun.
  13. Pengumuman hasil seleksi administrasi dan pelamar yang berhak mengikuti seleksi selanjutnya dapat dilihat di website www.ppm-asesmen.com mulai tanggal 28 Februari 2009, pukul 18.00 WIB.

E. JADUAL KEGIATAN :
  • Pengumuman Lulus Seleksi Administrasi (di situs web) 28 Februari 2009
  • Tes Potensi 7 Maret 2009
  • Pengumuman Lulus Tes Potensi (di situs web) 14 Maret 2009
  • Asesmen Kompetensi dan Tes Bahasa Inggris 21 Maret 2009
  • Pengumuman Lulus Asesmen Kompetensi (di situs web) 3 April 2009
  • Wawancara user 6 -14 April 2009 (sesuai jadual yang akan diberitahukan kemudian)
  • Pengumuman Wawancara user (di situs web) 15 April 2009
  • Pemeriksaan Kesehatan 18 April 2009
  • Pengumuman Lulus Tes Kesehatan / Pengumuman Akhir (di situs web) 26 April 2009
  • Briefing di KPK 29 April 2009

F. PENTING UNTUK DIPERSIAPKAN :
Bagi Anda yang kemudian dinyatakan lolos seleksi administrasi, akan diminta hadir pada Tes Tahap I di lokasi dan waktu yang akan ditetapkan dengan membawa dokumen dan kelengkapan sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku, asli dan fotokopi.
  2. Fotokopi ijazah yang sesuai dengan persyaratan pendidikan dan telah dilegalisir oleh pejabat berwenang
  3. Fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
  4. Fotokopi sertifikat keahlian lainnya yang relevan
  5. Data Riwayat Hidup yang harus di download dari website www.ppm-asesmen.com setelah Anda log in, data riwayat hidup yang telah diisi diserahkan dalam bentuk print out
  6. Kartu Peserta Seleksi yang harus didownload dari website www.ppm-asesmen.com setelah Anda log in. Mohon dilengkapi dan diserahkan dalam bentuk print out
  7. Pas Foto Berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  8. Surat Referensi Pekerjaan atau surat lain seperti SK pengangkatan/Surat Tugas yang menguatkan pengalaman kerja yang telah diisikan pada formulir Aplikasi On-line saat melamar.

Seluruh berkas dimasukkan ke dalam map folio, yang sudah dituliskan nama dan nomor registrasi Anda dengan ketentuan :

  1. Map merah untuk kelompok pekerjaan struktural
  2. Map hijau untuk kelompok pekerjaan fungsional
  3. Map biru untuk kelompok pekerjaan administrasi

Mohon mempersiapkan seluruh dokumen dengan lengkap dan benar. Jika ditemukan ketidaklengkapan dokumen dan/atau ketidaksesuaian data pada dokumen dengan berkas lamaran, Anda akan dinyatakan gugur pada Tes Tahap I

G. TATACARA PENGISIAN APLIKASI ONLINE
  1. Sediakan waktu yang cukup. Pengisian Aplikasi online ini secara lengkap membutuhkan waktu sekitar 30 - 60 menit.
  2. Baca dengan seksama setiap petunjuk yang disediakan
  3. Persiapkan semua data yang anda butuhkan pada saat pengisian aplikasi, antara lain : (KTP; Riwayat Pekerjaan/Daftar Riwayat Hidup)
  4. Isikan semua kolom isian dengan benar dan lengkap
  5. Pastikan semua Isian sudah anda isikan dengan benar sebelum anda mengirimkan ( submit ) aplikasi anda


Selengkapnya baca Kompas Sabtu, 7 Februari 2009 atau buka di http://www.ppm-asesmen.com/

2 comments: